Masjid Jami' Jalan 26 Unit 1 Desa Perintis Jaya Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Selayang Pandang DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Nurul Islam

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) pada Masjid Nurul Islam yang berada di Jln. 26 Ds. Perintis Kec. Rimbo Bujang Kab. Tebo merupakan organisasi yang dikelola oleh jamaah muslim dalam rangka melangsungkan aktivitas di masjid. 

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), merupakan organisasi yang dikelola oleh jemaah muslim dalam melangsungkan aktivitas di masjid. Setiap masjid yang terkelola dengan baik memiliki DKM dengan strukturnya masing-masing. Secara umum, pembagian kerjanya terbagi menjadi tiga yaitu:
1.   Bidang 'Idarah (administrasi manajemen masjid),
2.   Bidang 'Imarah (aktivitas memakmurkan masjid), dan
3.   Bidang Ri'ayah (pemeliharaan fisik masjid).

Dewan Kemakmuran Masjid Nurul Islam dibentuk atas dasar musyawarah pada hari Senin, 11 Desember 2017 yang bertempat di rumah Bpk. Sopingi selaku Ketua RT. 02 Desa Perintis diadakan Musyawarah Pembentukan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan REMAS (Remaja Masjid) untuk Masjid Nurul Islam yang berada di Jln. 26 Ds. Perintis Kec. Rimbo Bujang Kab. Tebo Prov. Jambi.

Adapun peserta musyawarah yang hadir dalam rangka memilih Ketua DKM dan Ketua Remaja Masjid Nurul Islam tersebut sebanyak 35 orang di antaranya Bpk. Mustangin (Imam Masjid Nurul Islam) dan Bpk. Bunyamin selaku Takmir Masjid Nurul Islam, Tokoh Masyarakat Jln. 26, Tokoh Masyarakat, Ketua RT. 03, Ketua Pembangunan Masjid Nurul Islam dan Ketua Pemuda RT. 02 dan RT. 03 serta Pemuda-Pemudi di RT. 02 dan RT. 03 Ds. Perintis selengkapnya di sini.

Organisasi ini berdiri sendiri serta mempunyai hak sepenuhnya dalam memutuskan perkara yang berhubungan dengan keagamaan akan tetapi dalam memutuskan perkara harus menggunakan azas musyawarah sebagaimana yang dicontohkan oleh Rosulullah SAW.

Tujuan Pembentukan DKM Nurul Islam yaitu untuk memudahkan warga Jln. 26 dalam mengamalkan agama sesuai dengan perintah Allah SWT. dan sunnah Rosulullah SAW.

Post a Comment

MKRdezign

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget